Kamis, 11 Desember 2014

Dinas tata Ruang Perumaha dan Pemukiman



LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
DI
DINAS TATA RUANG PERUMAHAN DAN PEMUKIMAN
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat ujian sidang prakerin

Oleh
Nama   : Sudin
Nis       : 010189
Kelas   : XII TKJ 3






PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK NEGERI 1 SAGARANTEN
SUKABUMI
2014

LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
DI
DINAS TATA RUANG PERUMAHAN DAN PEMUKIMAN

Oleh
Nama   : Andre Fabian Munggaran
Nis       : 1.012.131.824

Laporan ini di ajukan untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti
Ujian Sidang Prakerin dan telah di setuji oleh
Pembimbing seperti tertera di bawah ini.

                                                                                 Sukabumi, 31 Oktober 2014
Pembimbing Industri                                               Pembimbing sekolah


Rilda Kardian Soedirman, ST                                 Reky Jamansari, ST
NIP. 19820421                                                       NIP. 197712242009021002



Kepala Sekolah                                                        Ketua Kompetensi Keahlian
SMK Negeri 1 Sagaranten                                       Teknik Komputer dan Jaringan


Engkus Kusnadin, S.Pd, MM                                  Lusy Mariasari, S.Kom
NIP. 196506071988031007                                    NIP. 196910202009022001
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum, Wr. Wb.

Kita panjatkan puji dan syukur khadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan hasil Praktik Kerja Industri ini. Tidak lupa shalawat serta salam selalu kita curahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah membimbing umatnya di jalan yang benar.
Laporan Praktik Kerja Industri ini di susun sebagai persyaratan untuk mengikuti ujian sidang Prakerin, di sekolah SMK Negeri 1 Sagaranten Kab. Sukabumi.
Dalam melaksanakan proses penyusunan laporan hasil Praktik Kerja Industri ini penulis merasa bahwa banyak sekali hambatan yang di temui, bukan hal yang mudah dan tidak mungkin dapat tersusun tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karenanya pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1.      Bapak Engkus Kusnadin, S.Pd.,MM, selaku Kepala Sekolah di SMK Negeri 1 Sagaranten.
2.      Bapak Sarwono, S.Pd, selaku Wakil Ketua hubungan Industri yang telah memfasilitasi kegiatan Prakerin.
3.      Ibu Lusy Mariasari, S.Kom, selaku Ketua Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan,  di SMK Negeri 1 Sagaranten.
4.      Bapak Reky Jamansari, ST, selaku pembimbing dari Sekolah untuk Industri atau Perusahaan yang telah membantu membimbing, mendorong  dan memberikan dukungan penuh dalam pembuatan laporan ini.
5.      Bapak Ir. H. Rudi Djuansyah, selaku kepala Dinas Tata Ruang Perumahan Dan Pemukiman
6.      Bapak Rilda Kardian Soedirman, ST, selaku Pembimbing dari Perusahaan yang telah bersedia menerima kami selama 3 bulan untuk menyelesaikan tugas Praktik Kerja Industri ini.
7.      Guru-guru di Sekolah SMK Negeri 1 Sagaranten yang telah membekali ilmu yang bermanfaat.
8.      Keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan semangat, motivasi, dan do’a kepada penulis agar bersemangat dalam pembelajaran, proses Praktik Kerja Industri dan pembuatan laporan ini.
9.      Teman-teman yang telah membantu dan memberikan masukan sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas Praktik Kerja Industri ini.

Semoga segala  amal baik yang telah dilakukan mendapatkan balasan dari Allah SWT, Amin. Dan semoga Allah SWT yang maha luas ilmunya mengkaruniakan keilmuannya kepada kita semua.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Praktik Kerja Industri ini banyak sekali kekurangan dan kesalahannya. Oleh karena itu saran dan kritik sangat diharapkan untuk memotivasi agar lebih baik lagi.
Semoga laporan Praktik Kerja Industri ini dapat bermanfaat bagi kita Semua. Amin.

Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.

Sukabumi, 31 Oktober 2014
Penulis



Andre Fabian Munggaran
NIS : 1.012.131.824





DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN ..............................................................................   i
KATA PENGANTAR ......................................................................................   ii
DAFTAR ISI .....................................................................................................   iv
DAFTAR TABEL .............................................................................................   vi

BAB I PENDAHULUAN ................................................................................   1
A.    Latar Belakang .......................................................................................   1
B.     Manfaat ..................................................................................................   1
C.     Tujuan ....................................................................................................   2
D.    Kondisi Tempat Prakerin .......................................................................   2
1.      Tempat Prakerin ...............................................................................   2
a.       Indentitas Dunia Industri/Perusahaan ........................................   2
b.      Sejarah Industri/Perusahaan .......................................................   3   
2.      Kondisi Fisik ....................................................................................   3
a.       Bangunan/Ruang Industri ..........................................................   3
b.      Perlengkapan/Alat Industri ........................................................   3
c.       Ketersediaan Fasilitas Lain ........................................................   4

BAB II PARTISIPASI DALAM KEGIATAN INDUSTRI ...........................   5
A.    Kegiatan Industri yang dilaksanakan .....................................................   5
B.     Hambatan – Hambatan yang ditemukan ................................................   5
C.     Pembinaan Oleh Pihak Industri .............................................................   6

BAB III HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI ...........................................   7
A.    Job 1
1.      Standar Kompetensi .........................................................................    7
2.      Kompetensi Dasar ............................................................................    7
3.      Tujuan ..............................................................................................    7
4.      Teori Singkat ....................................................................................    7
5.      Alat dan Bahan ................................................................................    8
6.      Proses Pengerjaan .............................................................................    8
7.      Proses Pengujian ..............................................................................    21





B.     Job 2
1.      Standar Kompetensi .........................................................................    22
2.      Kompetensi Dasar ............................................................................    22
3.      Tujuan ..............................................................................................    22
4.      Teori Singkat ....................................................................................    22
5.      Alat dan Bahan ................................................................................    22
6.      Proses Pengerjaan .............................................................................    23
7.      Proses Pengujian ..............................................................................    25

C.     Job 3
1.      Standar Kompetensi .........................................................................    26
2.      Kompetensi Dasar ............................................................................    26
3.      Tujuan ..............................................................................................    26
4.      Teori Singkat ....................................................................................    26
5.      Alat dan bahan .................................................................................    26
6.      Proses Pengerjaan .............................................................................    27
7.      Proses pengujian ...............................................................................    29

BAB IV PENUTUP ..........................................................................................    30
A.    Simpulan ................................................................................................    30
B.     Saran ......................................................................................................    31

DAFTAR PUSTAKA  ......................................................................................    32
LAMPIRAN-LAMPIRAN ...............................................................................    33










DAFTAR TABEL
Tabel Tabel 1.1 Bangunan/ ruang Industri .........................................................   
Tabel Tabel 1.2 Perlengkapan atau alat Industri ................................................   
Tabel Tabel 1.3 Perlengkapan atau alat Industri ................................................  






























BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Prakerin (Praktik Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia Usaha atau dunia Industri yang relevan dengan kompetensi (Kemampuan) siswa sesuai dengan bidangnya. Dalam pelaksanaanya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang di suatu tempat kerja, baik didunia Usaha maupun didunia Industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah medapatkan bekal dari pembimbing di sekolah atau memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha maupun dalam dunia industri. Alasan utama mengapa para siswa dan siswi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak di ajarkan di lembaga Kejuruan terkait.
Program ini juga diharapkan dapat memberikan keuntungan timbal balik bagi kedua belah pihak yaitu Sekolah dan Industri atau Instansi. Prakerin juga bertujuan memberikan dan sekaligus mengajarkan kepada siswa akan dan bagimana kehidupan dunia kerja, disamping ajang uji coba ilmu yang telah dipelajari di sekolah. Melalui Prakerin siswa diharapkan mampu memhami tentang bagaimana tata dan aturan di dunia Industri atau usaha, sehingga nantinya setelah selesai sekolah dari SMK sudah benar-benar siap bekerja.

B.     Manfaat
Adapun manfaat dari Praktik Kerja Industri (Prakerin) manfaatnya adalah sebagai berikut:
1.      Dapat mengenali suatu pekerjaan Industri dilapangan sehingga setelah selesai Sekolah terjun kelapangan kerja dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
2.      Agar Siswa mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapat di Sekolah dan diterapkan di dunia kerja.
3.      Mengembangkan dan memantapkan sikap profesional yang di perlukan untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan bidang masing-masing.
4.      Untuk mengasah keterampilan yang telah diberikan di sekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi SMK Negeri 1 Sagaranten.
5.      Dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntunan pekerjaan

C.     Tujuan
Tujuan Praktik Kerja Industri (Prakerin)
1.      Untuk membekali peserta Praktik Kerja Industri membangun kepribadian, potensi akademik, dan dasar-dasar keahlian yang kuat dan benar memulai pembelajaran program.
2.      Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional.
3.      Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
4.      Siswa mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapatkan di sekolah dan diterapkan  pada Dunia Usaha.

D.    Kondisi Tempat Prakerin
-          Tempat Prakerin
1.      Indentitas Perusahaan
Nama Instansi           : Dinas Tata Ruang Perumahan & Pemukiman
Alamat                       : Jl. Babakan sirna
No. Telp                    : +62 (22) 7323768
Bidang                      : Tata Ruang Perumahan Dan Pemukiman

2.      Sejarah Dinas Tata Ruang Perumahan Dan Pemukiman
Dinas Tata Ruang Perumahan Dan Pemukiman adalah sebuah instansi yang di dirikan pada tahun 2004, Dinas Tata Ruang Perumahan Dan Pemukiman berada di JL.Babakan Sirna. Dinas Tata Ruang Perumahan Dan Pemukiman mengurus pembangunan, infrastruktur, pemeliharaan, perencanaan gedung-gedung pemerintahan dan kantor se-Kabupaten Kota Sukabumi.

A.    Kondisi Fisik
1.      Bangunan/ruang Industri
No
Nama Bangunan
Luas
Keterangan
1
Ruang Tamu
3 x 5 m2
Layak pakai
2
Ruang Resepsionis
5 x 8 m2
Layak pakai
3
Ruang Meeting
4 x 7 m2
Layak pakai
4
Kantor Bidang Pemukiman
3 x 3 m2
Layak pakai
5
Kantor Kepala Dinas
4 x 3 m2
Layak pakai
6
Kantor Bidang Tata Ruang
4 x 3 m2
Layak pakai
7
Kantor Bidang Perumahan
3 x 3 m2
Layak pakai
Tabel 1.1 Bangunan/ ruang Industri

2.      Perlengkapan atau alat Industri
No
Nama Alat/Perlengkapan
Jumlah
Keterangan
1
Computer/PC
23 buah
Baik
2
Laptop
11 buah
Baik
3
Projektor
4 buah
Baik
4
Printer
8 buah
Baik
5
Scanner
3 buah
Baik
Tabel 1.2 Perlengkapan atau alat Industri



3.      Ketersediaan fasilitas lain
No
Nama Fasilitas
Ketersediaan
Keterangan
1
Mushola
Ada
Baik
2
WC atau Toilet
Ada
Baik
3
Area Parkir
Ada
Baik
4
Taman
Ada
Baik
5
Rak Sepatu
Ada
Baik
6
Rak Helm
Ada
Baik
7
Dapur
Ada
Baik
8
Gudang
Ada
Baik
Tabel 1.3 Perlengkapan atau alat Industri



















BAB II
PARTISIPASI DALAM KEGIATAN INDUSTRI
A.    Kegiatan Industri yang dilaksanakan
Kegiatan yang dilaksanakan selama kegiatan di Industri diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Hadir ke tempat Prakerin setiap hari Senin s/d Jum’at, pukul 07:30 WIB masuk pada pukul 08:00 WIB dan pulang pukul 16:00 WIB
2.      Mengisi daftar hadir/Agenda harian.
3.      Membantu membersihkan dilingkungan Prakerin.
4.      Melakukan instalasi Sistem Operasi berbasis GUI (Graphical User Interfaces).
5.      Mengikuti beberapa meeting/pertemuan.
6.      Mengikuti kegiatan olahraga (bersepeda)  satu kali dalam seminggu.

B.     Hambatan-hambatan yang ditemukan
Selama mengikuti kegiatan Prakerin di Dinas Tata Ruang Perumahan dan Pemukiman, Sukabumi Jawa Barat, saya mendapatkan beberapa hambatan diantaranya sebagai berikut:
1.      Adanya sikap acuh tak acuh, baik dari para karyawan maupun sesama Siswa Prakerin dari sekolah lain.
2.      Merasa gugup dan takut apabila melakukan kesalahan dalam melakukan pekerjaan yang diberikan, karena kemampuan yang tidak cukup berpengalaman dan kompeten.
3.      Banyaknya penggunaan alat teknologi terbaru  baik dari segi Hardware maupun Software, yang belum di ketahui sebelumnya






C.    Pembinaan oleh pihak Industri
1.      Menerangkan teknik dan cara kerja yang benar sesuai prosedur.
2.      Menerangkan dan menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja.
3.      Pengenalan alat teknologi terbaru baik dari segi Hardware maupun Software, yang belum pernah kita ketahui sebelumnya, serta kegunaan dan cara kerjanya.
4.      Pembinaan lain.


















BAB III
HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI
A.    Pekerjaan 1
1.   Standar Kompetensi
a)   Melakukan instalasi operating system berbasis GUI (Graphical User Interfaces).

2.   Kompetensi Dasar
a)      Menjelaskan tentang window 7
b)      Menjelaskan langkah-langkah installasi window 7
c)      Menguji installasi window 7

3.      Tujuan
a)      Siswa prakerin bias melakukan installasi system operasi window 7
b)      Siswa prakerin bias membedakan macam-macam system operasi window 7
c)      Siswa prakerin mampu menjelaskan tentang bagaimana langkah-langkah installasi system operasi window 7

4.      Teori Singkat
Window 7 adalah versi window terahir yang menggunakan menu start yang menggantikan versi window sebelumnya, windows vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan computer pada 22 juli 2009 dan dirilis untuk public pada 22 oktober 2009.






5.      Alat dan bahan
a)      CD/DVD window 7
b)      PC atau Laptop dengan spesifikasi yang di rekomendasikan window 7, seperti berikut ini :
·         Processor : Pentium 4, 1 Ghz, AMD 1 Ghz atau disarankan lebih besar
·         RAM : 1 GB (Windows 32-bit) atau 2 GB (Windows 64-bit)
·         Harddisk : 16 GB (Windows 32-bit) arau 20 GB (Windows 64-bit) atau yang lebih besar
·         DirectX9 graphics card
·         VGA : 128 MB atau yang lebih besar

6.      Proses Pengerjaan
Untuk memulai proses instalasi windows 7, akan perlu boot pertama dari Windows 7 DVD (jika menggunakan Windows 7 DVD Installer) atau boot pertama dari perangkat USB (jika menggunakan Flashdisk).
Berikut Langkah-langkah installasi windows 7 Dimulai dengan memilih booting windows dari DVD atau flashdisk. Khusus untuk booting dari flash disk, maka memasukan terlebih dahulu flash disk sebelum menyalakan komputer atau laptop.
1.      menyalakan Komputer / Laptop.
2.      merubah Boot Pertama Ke CD/DVD, namun jika dari Flash Disk merubah Boot Pertama ke Flash Disk, ini diperlukan agar Boot Pertama dilakukan melalui Windows 7 DVD Installer atau Flash Disk. (Pada Langkah dibawah)





3.      Saat meyalakan Laptop / Komputer, Masuk ke Setup Menu dengan menekan F2 (Pada beberapa Laptop merk lain Esc, F1, F10 atau Del Pada Komputer).








Contoh Masuk Ke Setup Utility, Tampilan ini beraneka ragam tergantung merk , Cari Boot
 








mengarahkan Boot Pertama Jadi DVD atau Flashdisk









Exit Saving Changes Kemudian Yes, dan Komputer/Laptop Restart dari DVD
tidak lupa memasukan terlebih dahulu DVD Windows 7 Installer ke Drive DVD, sebelum restart.











4.      Memulai Proses instal Windows 7 dari DVD Windows 7 Installer, menekan Apa saja pada keyboard, misalnya menekan Enter.
















5.      Pada Langkah ini tidak melakukan apapun
 



















6.      memilih English, lalu Next







7.      mengklik Install Now









8.      mengklik I accept the license terms, kemudian Next









Proses Dimulai
 










9.      Mengklik Custom (advenced) Langkah ini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama.
 









10.  Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi Yang di instal Windows 7 Yang Baru.
Gambar di bawah ini contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama alias C:, dan Ketiga Data alias D:
Catatan: Pada Gambar dibawah ini pada kotak tersebut kosong maka, harddisk kemungkinan rusak atau kabel ke harddisk tidak bagus (tidak terdeteksi).










11.  Menghapus Partisi System Windows Yang Lama, maka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Documents termasuk C:
mengrahkan kursor, lalu menghapus Partisi dengan mengklik D
Delete, kemudian mengklik OK, sampai tampilan pada gambar berikutnya











12.  mengarahkan Kursor Pada Partisi Yang diisi Windows 7 Yang Baru, mengklik New Kemudian OK
 












13.  mengarahkan Kursor Pada Partisi Yang Di instal Windows Yang Baru (Primary), Kemudian Next
 







Pada proses ini berjalan secara Otomatis
 


















Pada saat Expanding Windows files ada error, berarti memory laptop/komputer rusak. jika lancar, Windows akan restart otomatis.

Catatan: Jika menggunakan DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart) Flash disk dicabut.











14.  Pada langkah ini tidak mengklik apapun, jika mengklik maka mulai lagi seperti langkah di atas.













pada proses ini tidak mengklik apapun









15.  Menyempurnakan Proses Instalasi Windows 7











Proses Instalasi Windows hampir selesai, dan akan restart otomatis
 








 

















16.  mengisi Nama untuk Laptop, Komputer, kemudian Next

 













17.   Melewati langkah ini , memilih Next

 











18.  mengisi kode dalam kotak, dan mengklik Automatically activate Windows
 













19.  mengklik Use recommended settings
 





















20.  menyesuaikan waktu, mengklik Next













7.      Proses Pengujian
Jika Perangkat yang di gunakan masih dalam keadaan baik, maka proses instalasi dan pemakaian windows 7 akan berjalan dengan baik dan lebih cepat.











B.     Pekerjaan  2
1.   Standar Kompetensi
a)   Melakukan instalasi software aplikasi
2.   Kompetensi Dasar
a)   Menjelaskan langkah-langkah installasi software aplikasi Microsoft Office 2013
b)   Melakukan proses instalasi software aplikasi sesuai installation manual

3.   Tujuan
a)      Siswa prakerin bias melakukan installasi software aplikasi yaitu Microsoft office 2013 dengan benar
b)      Siswa prakerin dapat mengetahui maksud dan kegunaan dari software aplikasi yang di installkan
c)      Siswa dapat menggunakan software aplikasi itu untuk belajar mengetik dan mengolah data melalui software yang digunakan

4.   Teori Singkat
Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint. Versi terbaru dari Aplikasi Microsoft Office adalah Office 15 (Office 2013) yang diluncurkan 29 Januari 2013

5.   Alat dan bahan
a)      Installer Microsoft office 2013
b)      PC atau Laptop yang sesuai dengan rekomendasi Microsoft office 2013, seperti berikut :
·      Proscessor : 1Ghz atau lebih
·      Memory : 1 GB RAM (32 bit) atau 2 GB RAM (64bit)
·      Harddisk : 3,5 GB atau lebih

6.      Proses Pengerjaan
1)      menyediakan masternya yakni master MS.Office 2013, kemudian install MS.Office 2013 dengan cara melakukan double klik pada ikon setupnya. Dan akan nampak seperti gambar dibawah ini. Kemudian  mengklik install now.

2)      pada langkah ini muncul license terms microsoft. Kemudian memilih i accept terms of agreement, dan kemudian mengklik continue




3)       proses penginstalan berlangsung.

4)      mengklik close di sudut kanan bawah.









7.      Pengujian
mengklik icon Microsoft Seperti word, excel, power point, jika berjalan maka proses installasi sudah benar.




























C.    Pekerjaan  3
1.   Standar Kompetensi
a)   Melakukan proses instalasi software aplikasi

2.   Kompetensi Dasar
a)   Menjelaskan langkah-langkah installasi software aplikasi Mozilla Firefox
b)   Melaksanakan installasi software aplikasi sesuai installation manual

3.   Tujuan
a)   Siswa prakerin bisa melakukan installasi software aplikasi            yaitu Mozila Firefox
b)   Siswa prakerin dapat mengetahui maksud dan kegunaan dari software aplikasi yang di installkan
c)   Siswa dapat menggunakan software itu

4.   Teori Singkat
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.
           
5.   Alat dan Bahan
a)   Installer Mozilla firefox
b)   PC atau Laptop







6.   Proses Pengerjaan
1)      mengklik installer Mozilla firefox

2)      mengklik tombol Next
 







3)      memilih lingkaran kecil yang terdapat disebelah kiri tulisan Standart. mengklik lagi tombol Next








4)       memilih Use Firefox as my default web browser. Kemudian mengklik Install
 






5)      Ini adalah tampilan yang memberitahukan, bahwa proses instalasi Mozilla Firefox sudah berhasil. mengklik  Finish











7.      Proses pengujian
mengklik icon Mozilla Firefox di desktop, jika aplikasi terbuka dan berjalan berarti sudah benar.


















BAB IV
PENUTUP
Pelaksanaan prakerin ini memberikan suatu pengalaman tersendiri kepada kami mengenai kenyataan dalam bekerja dan memberikan gambaran yang nyata akan persaingan kerja di dunia Industri (Dunia Nyata). Banyak menemukan Ilmu-ilmu baru yang belum pernah kami ketahui sebelumnya, baik dari bidang yang kami kerjakan, maupun diluar bidang yang kami kerjakan. Jadi, ilmu pengetahuan yang dipelajari di Sekolah belum cukup berpengaruh jika dibandingkan dengan persaingan didalam industri oleh karena itu praktik kerja industri (PRAKERIN) sangat penting bagi siswa SMK.
Mudah-mudahan apa yang telah kami dapat selama mengikuti kegiatan Industri menjadi pedoman dan petunjuk bagi kita untuk kedepannya untuk meraih suatu kesuksesan, Amien.
A.    Simpulan
Setelah melakukan kompetisi-kompetisi yang telah saya lakukan di dunia Industri kita dapat menarik kesimpulan :
1.      Installasi Operating System adalah memberikan suatu program kedalam sebuah PC, agar PC itu dapat dijalankan atau di fungsikan sesuai dengan penggunaannya.
2.      Installasi Software Aplikasi adalah menginstalkan sebuah program Software sesuai dengan apa yang kita inginkan, dan berguna untuk membantu pengguna dalam menjalankan sebuah tugas.







B.     Saran
Dengan program pendidikan system ganda atau praktik kerja Industri ini diharapkan sekali terjalinnya kerjasama yang berkesinambungan antara pihak sekolah dengan pihak industri juga diperlukan kerjasama aktif antara pihak sekolah dengan pihak Industri agar dalam pelaksanaan prakerin ini terjalin secara terus menerus.
1.      Dalam pelaksanaan praktik kerja industri (Prakerin) disarankan dalam pelaksanaan monitoring agar lebih diperhatikan, hal ini dimaksudkan agar pihak sekolah tahu betul bagaimana keadaan peserta prakerin bertingkah laku.
2.      Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi di dunia kerja. Dengan demikian kami peserta prakerin dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
3.      Bagi siswa PRAKERIN tahun depan yang akan datang diberikan tempat PRAKERIN yang dapat menguji mental serta kesabaran dalam menggeluti dunia usaha. Karena yakin dan percaya jauh didepan sana tantangan akan lebih besar.
4.      Bagi pembimbing di Dunia Industri, sebaik tidak mempersulit dalam proses penanda tanganan jurnal dan laporan.








DAFTAR PUSAKA

Rilda, 2014. Laporan praktik kerja Industri
            Di Dinas Tata Ruang Perumahan Dan Pemukiman
Kp. Jawara, 2013. Installasi Microsoft Office 2013
            http://jawarakampung.blogspot.com
Prakerin, 2013 Panduan Teknik Komputer Dan Jaringan
Lampiran-lampiran
Lembar Bimbingan
Absen
















LAMPIRAN-LAMIPRAN
-          Lembar bimbingan
-          Absen
-          Jurnal