LAPORAN
PRAKTIK
KERJA INDUSTRI
DI
DINAS TATA RUANG PERUMAHAN DAN PEMUKIMAN
Diajukan untuk memenuhi salah
satu syarat ujian sidang prakerin
Oleh
Nama : Sudin
Nis : 010189
Kelas : XII TKJ 3
PROGRAM
STUDI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI
KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK
NEGERI 1 SAGARANTEN
SUKABUMI
2014
LAPORAN
PRAKTIK
KERJA INDUSTRI
DI
DINAS TATA RUANG PERUMAHAN DAN PEMUKIMAN
Oleh
Nama : Andre Fabian
Munggaran
Nis : 1.012.131.824
Laporan
ini di ajukan untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti
Ujian
Sidang Prakerin dan telah di setuji oleh
Pembimbing
seperti tertera di bawah ini.
Sukabumi, 31 Oktober 2014
Pembimbing Industri Pembimbing sekolah
Rilda Kardian Soedirman, ST Reky Jamansari, ST
NIP. 19820421
NIP.
197712242009021002
Kepala Sekolah Ketua Kompetensi Keahlian
SMK Negeri 1 Sagaranten Teknik Komputer dan Jaringan
Engkus Kusnadin, S.Pd, MM Lusy Mariasari, S.Kom
NIP. 196506071988031007 NIP. 196910202009022001
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum, Wr. Wb.
Kita
panjatkan puji dan syukur khadirat Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan hasil Praktik
Kerja Industri ini. Tidak lupa shalawat serta salam selalu kita curahkan kepada
junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah membimbing umatnya
di jalan yang benar.
Laporan
Praktik Kerja Industri ini di susun sebagai persyaratan untuk mengikuti ujian
sidang Prakerin, di sekolah SMK Negeri 1 Sagaranten Kab. Sukabumi.
Dalam melaksanakan
proses penyusunan laporan hasil Praktik Kerja Industri ini penulis merasa bahwa
banyak sekali hambatan yang di temui, bukan hal yang mudah dan tidak mungkin
dapat tersusun tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karenanya pada kesempatan
ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1.
Bapak Engkus
Kusnadin, S.Pd.,MM, selaku Kepala Sekolah di SMK Negeri 1 Sagaranten.
2.
Bapak
Sarwono, S.Pd, selaku Wakil Ketua hubungan Industri yang telah memfasilitasi
kegiatan Prakerin.
3.
Ibu Lusy
Mariasari, S.Kom, selaku Ketua Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, di SMK Negeri 1 Sagaranten.
4.
Bapak Reky Jamansari, ST, selaku pembimbing dari Sekolah untuk Industri atau
Perusahaan yang telah membantu membimbing, mendorong dan memberikan dukungan penuh dalam pembuatan
laporan ini.
5.
Bapak Ir. H. Rudi Djuansyah, selaku kepala Dinas Tata Ruang Perumahan Dan Pemukiman
6.
Bapak Rilda Kardian Soedirman, ST, selaku Pembimbing dari Perusahaan
yang telah bersedia menerima kami selama 3 bulan untuk menyelesaikan tugas
Praktik Kerja Industri ini.
7.
Guru-guru di
Sekolah SMK Negeri 1 Sagaranten yang telah membekali ilmu yang bermanfaat.
8.
Keluarga
tercinta yang telah memberikan dorongan semangat, motivasi, dan do’a kepada
penulis agar bersemangat dalam pembelajaran, proses Praktik Kerja Industri dan
pembuatan laporan ini.
9.
Teman-teman
yang telah membantu dan memberikan masukan sehingga penulis dapat menyelesaikan
tugas Praktik Kerja Industri ini.
Semoga
segala amal baik yang telah dilakukan
mendapatkan balasan dari Allah SWT, Amin. Dan semoga Allah SWT yang maha luas
ilmunya mengkaruniakan keilmuannya kepada kita semua.
Penulis
menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Praktik Kerja Industri ini banyak sekali
kekurangan dan kesalahannya. Oleh karena itu saran dan kritik sangat diharapkan
untuk memotivasi agar lebih baik lagi.
Semoga
laporan Praktik Kerja Industri ini dapat bermanfaat bagi kita Semua. Amin.
Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.
Sukabumi, 31 Oktober 2014
Penulis
Andre Fabian Munggaran
NIS
: 1.012.131.824
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHAN .............................................................................. i
KATA
PENGANTAR ...................................................................................... ii
DAFTAR
ISI ..................................................................................................... iv
DAFTAR
TABEL ............................................................................................. vi
BAB I
PENDAHULUAN ................................................................................ 1
A. Latar
Belakang ....................................................................................... 1
B. Manfaat
.................................................................................................. 1
C. Tujuan
.................................................................................................... 2
D. Kondisi
Tempat Prakerin ....................................................................... 2
1.
Tempat Prakerin ............................................................................... 2
a.
Indentitas Dunia
Industri/Perusahaan ........................................ 2
b.
Sejarah
Industri/Perusahaan ....................................................... 3
2.
Kondisi Fisik .................................................................................... 3
a.
Bangunan/Ruang
Industri .......................................................... 3
b.
Perlengkapan/Alat
Industri ........................................................ 3
c. Ketersediaan
Fasilitas Lain ........................................................ 4
BAB II
PARTISIPASI DALAM KEGIATAN INDUSTRI ........................... 5
A. Kegiatan
Industri yang dilaksanakan ..................................................... 5
B. Hambatan
– Hambatan yang ditemukan ................................................ 5
C. Pembinaan
Oleh Pihak Industri ............................................................. 6
BAB III
HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI ........................................... 7
A. Job
1
1.
Standar
Kompetensi ......................................................................... 7
2.
Kompetensi Dasar
............................................................................ 7
3.
Tujuan .............................................................................................. 7
4.
Teori Singkat .................................................................................... 7
5.
Alat dan Bahan ................................................................................ 8
6.
Proses
Pengerjaan ............................................................................. 8
7.
Proses Pengujian
.............................................................................. 21
B. Job
2
1.
Standar
Kompetensi ......................................................................... 22
2.
Kompetensi Dasar
............................................................................ 22
3.
Tujuan .............................................................................................. 22
4.
Teori Singkat .................................................................................... 22
5.
Alat dan Bahan ................................................................................ 22
6.
Proses
Pengerjaan ............................................................................. 23
7.
Proses Pengujian
.............................................................................. 25
C. Job
3
1.
Standar
Kompetensi ......................................................................... 26
2.
Kompetensi Dasar
............................................................................ 26
3.
Tujuan .............................................................................................. 26
4.
Teori Singkat .................................................................................... 26
5.
Alat dan
bahan ................................................................................. 26
6.
Proses
Pengerjaan ............................................................................. 27
7.
Proses
pengujian ............................................................................... 29
BAB IV
PENUTUP .......................................................................................... 30
A. Simpulan
................................................................................................ 30
B. Saran
...................................................................................................... 31
DAFTAR
PUSTAKA ...................................................................................... 32
LAMPIRAN-LAMPIRAN ............................................................................... 33
DAFTAR
TABEL
Tabel Tabel 1.1 Bangunan/ ruang
Industri .........................................................
Tabel Tabel
1.2 Perlengkapan atau alat Industri ................................................
Tabel Tabel
1.3 Perlengkapan atau alat Industri ................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Prakerin (Praktik Kerja Industri) adalah kegiatan
pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia Usaha atau
dunia Industri yang relevan dengan kompetensi (Kemampuan) siswa sesuai dengan
bidangnya. Dalam pelaksanaanya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa
yang bertujuan untuk magang di suatu tempat kerja, baik didunia Usaha maupun
didunia Industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang
digelutinya atau sudah medapatkan bekal dari pembimbing di sekolah atau
memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha maupun dalam
dunia industri. Alasan utama mengapa para siswa dan siswi harus memiliki bekal
ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktik Kerja
Industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak di ajarkan di lembaga Kejuruan
terkait.
Program ini juga diharapkan dapat memberikan
keuntungan timbal balik bagi kedua belah pihak yaitu Sekolah dan Industri atau
Instansi. Prakerin juga bertujuan memberikan dan sekaligus mengajarkan kepada
siswa akan dan bagimana kehidupan dunia kerja, disamping ajang uji coba ilmu
yang telah dipelajari di sekolah. Melalui Prakerin siswa diharapkan mampu
memhami tentang bagaimana tata dan aturan di dunia Industri atau usaha,
sehingga nantinya setelah selesai sekolah dari SMK sudah benar-benar siap
bekerja.
B.
Manfaat
Adapun
manfaat dari Praktik Kerja Industri (Prakerin) manfaatnya adalah sebagai
berikut:
1. Dapat mengenali suatu pekerjaan Industri dilapangan
sehingga setelah selesai Sekolah terjun kelapangan kerja dapat memandang suatu
pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
2. Agar Siswa mampu memahami, memantapkan
dan mengembangkan pelajaran yang didapat di Sekolah dan diterapkan di dunia
kerja.
3. Mengembangkan dan memantapkan sikap
profesional yang di perlukan untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan bidang
masing-masing.
4. Untuk mengasah keterampilan yang telah diberikan di
sekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi SMK Negeri 1 Sagaranten.
5. Dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas,
yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja
yang sesuai dengan tuntunan pekerjaan
C.
Tujuan
Tujuan Praktik
Kerja Industri (Prakerin)
1. Untuk membekali peserta Praktik Kerja
Industri membangun kepribadian, potensi akademik, dan dasar-dasar keahlian yang
kuat dan benar memulai pembelajaran program.
2. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan
dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional.
3. Memberikan pengakuan dan penghargaan
terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
4. Siswa mampu memahami, memantapkan dan
mengembangkan pelajaran yang didapatkan di sekolah dan diterapkan pada Dunia Usaha.
D. Kondisi Tempat Prakerin
-
Tempat
Prakerin
1. Indentitas Perusahaan
Nama
Instansi : Dinas
Tata Ruang Perumahan & Pemukiman
Alamat : Jl. Babakan sirna
No.
Telp : +62 (22) 7323768
Bidang : Tata
Ruang Perumahan Dan Pemukiman
2. Sejarah Dinas Tata Ruang Perumahan Dan
Pemukiman
Dinas
Tata Ruang Perumahan Dan Pemukiman adalah sebuah instansi yang di dirikan pada tahun 2004, Dinas
Tata Ruang Perumahan Dan Pemukiman
berada di JL.Babakan Sirna. Dinas Tata Ruang
Perumahan Dan Pemukiman mengurus pembangunan, infrastruktur, pemeliharaan,
perencanaan gedung-gedung pemerintahan dan kantor se-Kabupaten Kota Sukabumi.
A. Kondisi Fisik
1. Bangunan/ruang Industri
No
|
Nama
Bangunan
|
Luas
|
Keterangan
|
1
|
Ruang Tamu
|
3
x 5 m2
|
Layak
pakai
|
2
|
Ruang Resepsionis
|
5
x 8 m2
|
Layak
pakai
|
3
|
Ruang Meeting
|
4
x 7 m2
|
Layak
pakai
|
4
|
Kantor Bidang
Pemukiman
|
3
x 3 m2
|
Layak
pakai
|
5
|
Kantor Kepala Dinas
|
4
x 3 m2
|
Layak
pakai
|
6
|
Kantor Bidang Tata Ruang
|
4
x 3 m2
|
Layak
pakai
|
7
|
Kantor Bidang Perumahan
|
3
x 3 m2
|
Layak
pakai
|
Tabel 1.1 Bangunan/ ruang Industri
2. Perlengkapan atau alat Industri
No
|
Nama
Alat/Perlengkapan
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
Computer/PC
|
23 buah
|
Baik
|
2
|
Laptop
|
11
buah
|
Baik
|
3
|
Projektor
|
4 buah
|
Baik
|
4
|
Printer
|
8 buah
|
Baik
|
5
|
Scanner
|
3
buah
|
Baik
|
Tabel 1.2
Perlengkapan atau alat Industri
3. Ketersediaan fasilitas lain
No
|
Nama
Fasilitas
|
Ketersediaan
|
Keterangan
|
1
|
Mushola
|
Ada
|
Baik
|
2
|
WC atau Toilet
|
Ada
|
Baik
|
3
|
Area Parkir
|
Ada
|
Baik
|
4
|
Taman
|
Ada
|
Baik
|
5
|
Rak Sepatu
|
Ada
|
Baik
|
6
|
Rak Helm
|
Ada
|
Baik
|
7
|
Dapur
|
Ada
|
Baik
|
8
|
Gudang
|
Ada
|
Baik
|
Tabel 1.3
Perlengkapan atau alat Industri
BAB II
PARTISIPASI DALAM
KEGIATAN INDUSTRI
A.
Kegiatan Industri yang dilaksanakan
Kegiatan yang dilaksanakan selama
kegiatan di Industri diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Hadir ke tempat Prakerin setiap hari Senin
s/d Jum’at, pukul 07:30 WIB masuk pada pukul 08:00 WIB dan pulang pukul 16:00
WIB
2. Mengisi daftar hadir/Agenda harian.
3. Membantu membersihkan dilingkungan
Prakerin.
4. Melakukan instalasi Sistem Operasi berbasis
GUI (Graphical User Interfaces).
5. Mengikuti beberapa meeting/pertemuan.
6. Mengikuti kegiatan olahraga (bersepeda) satu kali dalam seminggu.
B.
Hambatan-hambatan yang ditemukan
Selama mengikuti kegiatan Prakerin di Dinas Tata Ruang Perumahan dan Pemukiman,
Sukabumi Jawa Barat, saya mendapatkan beberapa
hambatan diantaranya sebagai berikut:
1. Adanya sikap acuh tak acuh, baik dari
para karyawan maupun sesama Siswa Prakerin dari sekolah lain.
2. Merasa gugup dan takut apabila melakukan
kesalahan dalam melakukan pekerjaan yang diberikan, karena kemampuan yang tidak
cukup berpengalaman dan kompeten.
3. Banyaknya penggunaan alat teknologi
terbaru baik dari segi Hardware maupun
Software, yang belum di ketahui sebelumnya
C.
Pembinaan oleh pihak Industri
1. Menerangkan teknik dan cara kerja yang
benar sesuai prosedur.
2. Menerangkan dan menerapkan keselamatan
dan kesehatan kerja.
3. Pengenalan alat teknologi terbaru baik
dari segi Hardware maupun Software, yang belum pernah kita ketahui sebelumnya,
serta kegunaan dan cara kerjanya.
4. Pembinaan lain.
BAB III
HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI
A.
Pekerjaan
1
1. Standar
Kompetensi
a)
Melakukan
instalasi operating system berbasis
GUI (Graphical User Interfaces).
2.
Kompetensi Dasar
a) Menjelaskan tentang window 7
b) Menjelaskan langkah-langkah installasi window 7
c) Menguji installasi window 7
3.
Tujuan
a)
Siswa prakerin bias melakukan installasi
system operasi window 7
b)
Siswa prakerin bias membedakan macam-macam
system operasi window 7
c)
Siswa prakerin mampu menjelaskan tentang
bagaimana langkah-langkah installasi system operasi window 7
4.
Teori Singkat
Window 7 adalah versi window terahir yang
menggunakan menu start yang menggantikan versi window sebelumnya, windows
vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan computer pada 22 juli 2009 dan dirilis
untuk public pada 22 oktober 2009.
5.
Alat dan bahan
a)
CD/DVD window 7
b)
PC atau Laptop dengan spesifikasi yang di
rekomendasikan window 7, seperti berikut ini :
·
Processor : Pentium 4, 1 Ghz, AMD 1 Ghz atau
disarankan lebih besar
·
RAM : 1 GB (Windows 32-bit) atau 2 GB (Windows
64-bit)
·
Harddisk : 16 GB (Windows 32-bit) arau 20 GB
(Windows 64-bit) atau yang lebih besar
·
DirectX9 graphics card
·
VGA : 128 MB atau yang lebih besar
6.
Proses Pengerjaan
Untuk memulai proses instalasi
windows 7, akan perlu boot pertama dari Windows 7 DVD (jika menggunakan Windows
7 DVD Installer) atau boot pertama dari perangkat USB (jika menggunakan
Flashdisk).
Berikut Langkah-langkah installasi windows 7 Dimulai dengan memilih
booting windows dari DVD atau flashdisk. Khusus untuk booting dari flash disk,
maka memasukan terlebih dahulu flash disk
sebelum menyalakan komputer atau laptop.
1. menyalakan
Komputer / Laptop.
2. merubah
Boot Pertama Ke CD/DVD, namun jika dari Flash Disk merubah Boot Pertama ke Flash Disk,
ini diperlukan agar Boot Pertama dilakukan melalui Windows 7 DVD Installer atau
Flash Disk. (Pada Langkah dibawah)
3. Saat
meyalakan Laptop / Komputer, Masuk ke Setup Menu dengan menekan F2 (Pada beberapa
Laptop merk lain Esc, F1, F10 atau Del Pada Komputer).
Contoh
Masuk Ke Setup Utility, Tampilan ini
beraneka ragam tergantung merk , Cari Boot
mengarahkan Boot Pertama Jadi DVD atau Flashdisk
Exit Saving Changes Kemudian Yes, dan Komputer/Laptop Restart dari DVD
tidak lupa memasukan terlebih dahulu DVD Windows 7 Installer ke Drive
DVD, sebelum restart.
4.
Memulai Proses instal Windows 7 dari
DVD Windows 7 Installer, menekan Apa saja pada keyboard, misalnya menekan Enter.
5. Pada
Langkah ini tidak melakukan apapun
6.
memilih English, lalu Next
7. mengklik
Install Now
8. mengklik
I accept the license terms, kemudian Next
Proses
Dimulai
9. Mengklik Custom (advenced) Langkah ini akan memproses Windows dari awal,
sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama.
10. Pada
langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi Yang di instal Windows 7 Yang Baru.
Gambar
di bawah ini contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved,
Kedua Windows 7 lama alias C:, dan Ketiga Data alias D:
Catatan: Pada
Gambar dibawah ini pada kotak tersebut kosong maka, harddisk kemungkinan rusak atau kabel ke
harddisk tidak bagus (tidak terdeteksi).
11. Menghapus
Partisi System Windows Yang Lama, maka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus
seluruhnya, karena My Documents
termasuk C:
mengrahkan
kursor, lalu menghapus Partisi dengan mengklik D
Delete,
kemudian mengklik OK, sampai tampilan
pada gambar berikutnya
12. mengarahkan
Kursor Pada Partisi Yang diisi Windows 7 Yang Baru, mengklik New Kemudian OK
13. mengarahkan Kursor Pada Partisi Yang Di
instal Windows Yang Baru (Primary),
Kemudian Next
Pada proses ini berjalan secara Otomatis
Pada
saat Expanding Windows files ada error, berarti memory laptop/komputer rusak. jika lancar, Windows akan restart
otomatis.
Catatan: Jika menggunakan DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart) Flash disk dicabut.
Catatan: Jika menggunakan DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart) Flash disk dicabut.
14. Pada
langkah ini tidak mengklik apapun, jika mengklik maka mulai lagi seperti langkah di atas.
pada proses ini
tidak mengklik apapun
15. Menyempurnakan
Proses Instalasi Windows 7
Proses
Instalasi Windows hampir selesai, dan akan restart otomatis
16. mengisi
Nama untuk Laptop, Komputer, kemudian Next
17. Melewati langkah ini , memilih Next
18. mengisi kode dalam kotak, dan mengklik Automatically activate Windows
19. mengklik
Use recommended settings
20.
menyesuaikan
waktu, mengklik Next
7.
Proses Pengujian
Jika
Perangkat yang di gunakan masih
dalam keadaan baik, maka proses instalasi dan pemakaian
windows 7 akan berjalan dengan baik dan lebih
cepat.
B.
Pekerjaan 2
1.
Standar Kompetensi
a) Melakukan instalasi software aplikasi
2.
Kompetensi Dasar
a) Menjelaskan langkah-langkah installasi software aplikasi Microsoft
Office 2013
b) Melakukan proses instalasi software aplikasi sesuai installation manual
3.
Tujuan
a)
Siswa prakerin bias melakukan installasi software aplikasi yaitu
Microsoft office 2013 dengan benar
b)
Siswa prakerin dapat mengetahui maksud dan kegunaan dari software
aplikasi yang di installkan
c)
Siswa dapat menggunakan software aplikasi itu untuk belajar mengetik dan
mengolah data melalui software yang digunakan
4.
Teori Singkat
Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi
perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office
yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint. Versi terbaru dari Aplikasi
Microsoft Office adalah Office 15 (Office 2013) yang diluncurkan 29 Januari
2013
5.
Alat dan bahan
a)
Installer Microsoft office 2013
b)
PC atau Laptop yang sesuai dengan rekomendasi
Microsoft office 2013, seperti berikut :
·
Proscessor : 1Ghz atau lebih
·
Memory : 1 GB RAM (32 bit) atau 2 GB RAM
(64bit)
·
Harddisk : 3,5 GB atau lebih
6.
Proses Pengerjaan
1) menyediakan
masternya yakni master MS.Office 2013, kemudian install MS.Office 2013 dengan
cara melakukan double klik pada ikon setupnya. Dan akan nampak seperti gambar
dibawah ini. Kemudian mengklik install now.
2) pada langkah
ini muncul license terms microsoft. Kemudian memilih i accept terms of agreement, dan kemudian mengklik continue
3) proses penginstalan berlangsung.
4) mengklik
close di sudut kanan bawah.
7.
Pengujian
mengklik icon Microsoft Seperti word, excel, power
point, jika berjalan maka proses installasi sudah benar.
C.
Pekerjaan 3
1.
Standar Kompetensi
a) Melakukan proses instalasi software aplikasi
2.
Kompetensi Dasar
a) Menjelaskan langkah-langkah installasi software aplikasi Mozilla
Firefox
b) Melaksanakan installasi software aplikasi sesuai installation manual
3.
Tujuan
a) Siswa prakerin bisa melakukan installasi software aplikasi yaitu Mozila Firefox
b) Siswa prakerin dapat mengetahui maksud dan kegunaan
dari software aplikasi yang di installkan
c) Siswa dapat menggunakan software itu
4.
Teori Singkat
Mozilla Firefox
(aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla
Firebird) adalah peramban
web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan
Mozilla dan ratusan
sukarelawan.
5.
Alat dan Bahan
a)
Installer Mozilla firefox
b)
PC atau Laptop
6. Proses
Pengerjaan
1) mengklik
installer Mozilla firefox
2) mengklik tombol Next
3)
memilih lingkaran kecil yang terdapat disebelah
kiri tulisan Standart. mengklik lagi
tombol Next
4) memilih Use Firefox as my default web browser.
Kemudian mengklik Install
5)
Ini adalah
tampilan yang memberitahukan, bahwa proses instalasi Mozilla Firefox sudah
berhasil. mengklik Finish
7.
Proses pengujian
mengklik icon Mozilla Firefox di desktop, jika
aplikasi terbuka dan berjalan berarti sudah benar.
BAB IV
PENUTUP
Pelaksanaan prakerin ini memberikan suatu pengalaman
tersendiri kepada kami mengenai kenyataan dalam bekerja dan memberikan gambaran
yang nyata akan persaingan kerja di dunia Industri (Dunia Nyata). Banyak
menemukan Ilmu-ilmu baru yang belum pernah kami ketahui sebelumnya, baik dari
bidang yang kami kerjakan, maupun diluar bidang yang kami kerjakan. Jadi, ilmu
pengetahuan yang dipelajari di Sekolah belum cukup berpengaruh jika
dibandingkan dengan persaingan didalam industri oleh karena itu praktik kerja
industri (PRAKERIN) sangat penting bagi siswa SMK.
Mudah-mudahan apa yang telah kami dapat selama
mengikuti kegiatan Industri menjadi pedoman dan petunjuk bagi kita untuk
kedepannya untuk meraih suatu kesuksesan, Amien.
A. Simpulan
Setelah melakukan kompetisi-kompetisi yang telah saya lakukan di dunia
Industri kita dapat menarik kesimpulan :
1.
Installasi Operating System adalah memberikan suatu program
kedalam sebuah PC, agar PC itu dapat dijalankan atau di fungsikan sesuai dengan
penggunaannya.
2.
Installasi Software Aplikasi adalah menginstalkan sebuah program
Software sesuai dengan apa yang kita inginkan, dan berguna untuk membantu
pengguna dalam menjalankan sebuah tugas.
B. Saran
Dengan
program pendidikan system ganda atau praktik kerja Industri ini diharapkan
sekali terjalinnya kerjasama yang berkesinambungan antara pihak sekolah dengan
pihak industri juga diperlukan kerjasama aktif antara pihak sekolah dengan
pihak Industri agar dalam pelaksanaan prakerin ini terjalin secara terus
menerus.
1. Dalam pelaksanaan praktik kerja industri
(Prakerin) disarankan dalam pelaksanaan monitoring agar lebih diperhatikan, hal
ini dimaksudkan agar pihak sekolah tahu betul bagaimana keadaan peserta
prakerin bertingkah laku.
2. Sekolah perlu memberikan penekanan pada
penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi di dunia
kerja. Dengan demikian kami peserta prakerin dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu
dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
3. Bagi siswa PRAKERIN tahun depan yang
akan datang diberikan tempat PRAKERIN yang dapat menguji mental serta kesabaran
dalam menggeluti dunia usaha. Karena
yakin dan percaya jauh didepan sana tantangan akan lebih besar.
4. Bagi pembimbing di Dunia Industri, sebaik tidak
mempersulit dalam proses penanda tanganan jurnal dan laporan.
DAFTAR PUSAKA
Rilda, 2014. Laporan praktik kerja Industri
Di Dinas Tata Ruang
Perumahan Dan Pemukiman
Kp. Jawara, 2013. Installasi Microsoft Office 2013
Prakerin, 2013 Panduan Teknik Komputer Dan Jaringan
Lampiran-lampiran
Lembar Bimbingan
Absen
LAMPIRAN-LAMIPRAN
-
Lembar
bimbingan
-
Absen
-
Jurnal